Blog Mengenai Kesehatan, Kuliner, Kecantikan, Otomotif, Teknologi, Travel, Tips, Olahraga, Properti, Fashion, Elektronik, Pet dan Lain - Lain Terupdate

Cara memasak cumi-cumi asam manis pedas

Hidangan cumi seperti cumi asa manis pedas, cumi goreng dan olahan lainnya menjadi salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang dan dapat ditemukan di restoran –restoran di indonesia. moluska yang lezat ini sering dijadikan sebagai hidangan-hidangan special di restoran. Daging dari cumi-cumi memiliki warna putih pucat, bening, bertekstur kenyal dan rasa umami. Ternyata bukan hanya memiliki rasa yang enak, cumi-cumi juga ternyata memiliki banyak nutrisi yang bisa bermanfaat untuk manusia.


Cumi-cumi adalah moluska yang termasuk dalam keluarga kerang, dan mereka terdiri dari empat varietas yaitu hitam, putih, cangkang keras dan merah. Cumi-cumi adalah jenis seafood yang tinggi protein, mineral dan rendah kalori. Cumi-cumi merupakan makanan laut yang kaya akan nutrisi. Cumi-cumi sangat bagus untuk mereka yang ingin menambah asupan protein tanpa meningkatkan asupan kalori mereka. Satu porsi cumi-cumi seberat 100 gram hanya mengandung 75 kkal - 85 kcl kalori, tetapi kalori akan meningkat jika cumi di olah dengan cara digoreng. Satu porsi 100 gram cumi-cumi juga memiliki jumlah protein yang baik, sekitar 15.5gm 16.1gm protein. Untuk kalian yang ingin tetap mengkonsumsi asupan protein yang cukup tetapi tidak ingin meningkatkan karbohidrat dan mereka yang menjalani diet keto dapat memasukkan cumi-cumi ke dalam makanan mereka karena cumi-cumi tidak mengandung karbohidrat . Cumi cumi juga merupakan sumber vitamin B 12 dan B6 yang baik.  Tubuh Anda membutuhkan B 12 untuk kesehatan saraf dan kesehatan darah dan vitamin B6 untuk melindungi jantung kalian dari stroke. Ini menjadi alasan yang bagus untuk kalian memakan cumi-cumi karena mengandung kedua nutrisi ini. Cumi-cumi memiliki jumlah selenium dan Vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selenium, yang ada dalam jumlah kecil di dalam tubuh, bekerja dengan vitamin E dalam meningkatkan pertumbuhan dan kesuburan tubuh. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai anti oksidan diyakini berperan dalam melawan kanker dan dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Cumi-cumi sering dijadikan menjadi berbagai macam olahan salah satunya adalah cumi asam manis pedas, pada artikel kali ini kami akan memberikan cara masak cumi asam manis pedas, lihat dibawah ini untuk melihat resep dan cara membuatnya. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cumi-cumi asam manis pedas
- 200-250g sotong segar
- 250g cumi besar segar
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/4 sdt merica
- 2-3 sdm minyak
- 1 sdm bawang merah cincang
- 1 sdm jahe cincang
- 1 sdm bawang putih cincang
- 1 sdt cabai rawit cincang
- 1 sdm ketumbar bubuk

Bahan saus (digabungkan):
- 2 sdm saus sambal
- 2 sdm saus tomat
- 1 sdm gula pasir atau secukupnya
- 1/2 sdt minyak wijen
- 4 sdm kaldu ayam segar

Cara membuat
1. Bersihkan bagian dalam sotong dan cumi-cumi.
2. Potong menjadi irisan tebal sekitar 2x5cm. Panggang sotong dan cumi-cumi dengan gula dan merica selama 15-20 menit. Rebus sotong dan cumi-cumi yang sudah dibumbui dalam air dengan garam yang sudah mendidih selama 30 detik sampai satu menit. Tiriskan dengan baik.
3. Panaskan wajan dengan minyak hingga panas lalu tumis bawang merah, jahe, bawang putih dan cabai rawit hingga harum.
4. Tuang campuran bahan saus dan didihkan. Saat saus mengental, masukkan sotong dan cumi-cumi, lalu aduk sebentar.
5. Pindahkan ke piring saji dan cumi asam manis pedas pun bisa dinikmati.

Share: